Halaman

Tips Untuk Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah

cemas http://asalasah.blogspot.com/2013/05/tips-untuk-menghilangkan-rasa-cemas-dan.html
Asalasah ~ Rasa cemas dan gelisah karena suatu hal memang sering kali mengganggu aktivitas yang sedang kita jalani. Dan biasanya seseorang akan mengatasi kecemasan dan rasa gelisah dengan mengkonsumsi obat penenang. Tapi jika terus-menerus dilakukan maka kita pun bisa kecanduan dan tentu saja dampaknya buruk bagi kesehatan. Ternyata ada cara-cara yang lebih alami untuk meredakan rasa cemas dan gelisah, ini dia beberapa di antaranya.

Mandi Air HangatMandi air hangat adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menyenangkan dan menenangkan indera. Untuk mendapatkan manfaat lebih banyak, tambahkan sedikit aromaterapi atau sabun spa bath ke dalam bak mandi dan berendamlah selama mungkin agar perasaan Anda lebih tenang.
Mengatur NapasKecemasan akan berangsur-angsur hilang hanya dengan mengatur pernapasan. Ambil napas dalam-dalam secara perlahan dalam posisi duduk, kemudian letakkan salah satu tangan di atas perut. Tariklah napas perlahan-lahan sehingga perut terasa mengembang di bawah tangan kita, tetapi usahakan agar bahu tidak naik. Lakukan hal ini berulang kali untuk hasil yang lebih maksimal.
Hindari Minuman BerkafeinKurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh atau minuman bersoda ketika kita sedang merasa cemas. Studi menunjukkan bahwa orang dengan gejala kecemasan lebih sensitif terhadap kafein dibanding orang lain.
Yoga AerobikSiapa bilang latihan yoga dan aerobik hanya untuk wanita? Aerobik adalah salah satu aktivitas peredam kecemasan yang terbaik. Cobalah untuk berjalan cepat selama 30 menit untuk memacu pelepasan endorfin, bahan kimia yang berfungsi mengatasi nyeri dan meningkatkan suasana hati.
MeditasiMeditasi dapat dilakukan dengan berdiam diri di suatu tempat khusus untuk menyepi, menghilangkan pikiran dengan cara spiritual atau berdoa, melihat pemandangan alam atau bahkan mengamati pergerakan ikan di akuarium. Hal-hal tersebut termasuk dalam kegiatan meditasi yang perlu dilakukan selama 15 menit beberapa kali sehari untuk mengusir kecemasan yang berlebihan.Free your mind, and your ass will follow!

Baca Juga:  
Sumber: http://www.buaz.net/2013/05/cara-menghilangkan-rasa-cemas-dan.html?m=1