Halaman

Rutinitas Setiap Hari Agar Tubuh Sehat Sepanjang Tahun

Asalasah ~ Bisakah tubuh kita tetap sehat tanpa sakit sepanjang tahun? Hal ini tentu tidaklah mustahil, apalagi didukung perkembangan dunia kesehatan yang semakin maju. Ada banyak cara yang dapat digunakan dan semuanya ternyata tidaklah muluk-muluk. Yang diperlukan hanyalah ketekunan dan rutinitas yang teratur untuk melakukan tujuh tips di bawah ini.

Tidur 6-8 jam setiap hariTidur adalah salah satu aktivitas “charging” tubuh yang paling alami. Jangan sampai Anda kehilangan momen yang tepat untuk tidur dan mengorbankan jam tidur Anda untuk sesuatu yang kurang penting. Jika sering begadang, jangan salahkan diri Anda jika tubuh Anda lebih rentan terkena flu.
An apple a day keeps the doctor awayAntioksidan yang dimiliki apel sangat bermanfaat dalam menjaga tubuh Anda tetap sehat. Jika bosan dengan apel, antioksidan bernama quercetin juga dapat ditemukan di dalam kandungan teh hijau dan brokoli.
PijatPijatan dapat membuat tubuh Anda lebih rileks karena melepaskan stres, melancarkan aliran darah dan juga membuat detak jantung  lebih stabil. Tidak ada permasalahan mengenai tekanan pijatan yang penting masih dalam batas moderat. Setidaknya sempatkan diri paling tidak satu bulan sekali untuk memanjakan tubuh dengan dipijat.
Cuci tanganJangan malas untuk cuci tangan bro. Bakteri E. coli, salmonella akan terus mengintai Anda jika tangan Anda kotor karena tanpa disadari telah menyentuh banyak benda asing yang tidak higienis.
Menjaga kebersihan mulutJangan biarkan kuman di dalam mulut menjadi musuh terbesar Anda. Biasakan untuk berkumur dengan obat kumur antiseptik setelah sikat gigi. Jangan sampai gusi Anda menjadi penyebab awal dari penyakit diabetes bro.
Konsumsi jaheJahe mempunyai banyak kegunaan manjur, salah satunya mengobati permasalahan pencernaan seperti konstipasi. Jika ingin mengkonsumsi jahe secara rutin, lebih baik pilih jahe yang segar. Larutannya bisa dicampurkan dalam teh atau juga dimakan langsung, tentu dengan dosis yang sesuai dengan kekuatan Anda menahan rasa dan aroma yang kuat dari jahe.
Konsumsi makanan mengandung bawangBawang memang dapat menyebabkan bau mulut dan badan. Namun toh Anda tidak berkencan setiap hari kan? Bawang-bawangan mengandung kaya akan zat antioksidan yang menunjang kekebalan tubuh dan mengatasi inflamasi.
Gimana bro, sudahkah Anda melakukan satu ataupun beberapa rahasia sederhana di atas? Mulailah untuk menjadikannya sebuah kebiasaan dan buktikan sendiri efeknya dalam satu-dua tahun ke depan.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.buaz.net/2013/05/bisakah-tubuh-kita-tetap-sehat.html?m=1