Halaman

4 Bahaya Jika Menggunakan Software Bajakan

Game Android - www.jurukunci.net
Asalasah ~  Menggunakan game bajakan adalah hal yang umum di Indonesia, tapi bukan berarti legal dan benar. Hanya saja tidak dapat dipungkiri bahwa prakteknya sudah sangat merajalela di sekitar kita. Ini didukung dengan mudahnya proses membajak seperti Jailbreak di iPhone atau bahkan Android tidak perlu melakukan apapun untuk memainkan game bajakan, cukup mendownload APKnya saja.

Pengguna Apple boleh lega sedikit karena Apple melakukan prosedur yang ketat untuk setiap game yang direlease di App Store. Jangankan game tipuan, game yang dikerjakan secara serius saja sering mengalami kendala karena harus 100% patuh terhadap guideline yang diterapkan Apple.

Sedangkan untuk Android proses reviewnya jauh lebih sederhana sehingga kita dapat dengan mudah menemukan banyak aplikasi tipuan di Google Play sendiri, walaupun Google juga melakukan pencegahan tapi sifatnya lebih kepada reaktif dari padapreventif yang artinya harus ada korban terlebih dahulu baru Google akan bertindak.

Pertanyaan pentingnya adalah : "bagaimana kamu tahu bahwa game bajakan yang kamu download adalah game yang 100% murni bajakan tanpa sisipan program jahat?"

Perlu kamu tahu bahwa orang dapat dengan sangat mudah membuat icon, screenshot dan bahkan nama publisher yang sama untuk membuat kamu berfikir bahwa ini adalah game yang asli.

Game bajakan dan asli (tapi disisipi program jahat) dapat melakukan 4 hal berbahaya di bawah ini:

1. Mencuri Data.
Ketika kamu install game bohongan ini dapat dengan mudah membaca contactbook kamu, melihat semua email teman kamu, mencuri nomor telefon dan bahkan foto. Secara diam-diam game ini akan mengirimkan data ini kepada server pusat. Tahu-tahu 2 hari sesudahnya semua teman kamu akan di spam oleh sebuah email yang menjual sebuah produk tertentu. Bahkan nomor HP dan Foto kamu dapat digunakan untuk penipuan atau kejahatan lainnya di masa depan.

2. Rooting.
Beberapa virus/ malware sudah bisa mendapatkan akses root di HP kamu (Android) dan jika ini terjadi maka sang virus bisa saja menghapus seluruh isi HP kamu atau menghapus sebuah aplikasi tertentu seperti Anti Virus dan menggantinya dengan sebuah Anti Virus bohongan yang sebenarnya adalah virus juga.

3. Mendaftar Langganan Premium.
Ketika virus/malware sudah mendapatkan akses kepada HP kamu maka dia dengan mudah dapat mengirimkan SMS ke layanan premium (seperti reg spasi daftar ke 6443 atau sejenis ini) sehingga kamu akan di charge dengan mahal. Tentu saja orangnya sudah bekerja sama dengan penyedia layanan premium sehingga sekali SMS kamu bisa di charge 10.000. Bayangkan jika ini terjadi kepada 100.000 orang, dalam sekejap orang tersebut sudah untung sebesar 1Milyar.

4. Mata-mata.
Malware dengan tipe ini adalah malware yang paling tidak menunjukkan gelagatnya
tapi diam-diam ia memantau semua aktivitas kamu. Email apa yang kamu buka, apa username dan passwordnya. Bahkan orang ini dapat mengetahui kamu dimana lewat GPS yang diakses secara diam-diam sehingga ia dapat merencanakan penipuan.

Perkembangan Malware Android Mendominasi Keseluruhan Smartphone. Di quarter terakhir tahun 2012 saja tercatat ada 96 variant baru virus Android yang muncul. Jadi kamu yang menggunakan Android harus jauh lebih berhati-hati karena menurut penelitian 79% malware/virus yang ada di mobile handset dikontribusikan oleh Android sedangkan iOS hanya sebesar 0.7%.

Untuk iOS user saya sarankan untuk tidak jailbreak, sedangkan pengguna Android pastikan untuk
tidak melakukan rooting (mempermudah virus/malware mendapatkan akses) dan selalu mendownload dari Google Play serta memperhatikan komentar yang ditinggalkan pemain lain.

Biasanya untuk sebuah judul yang sangat terkenal tapi tanpa komentar adalah sesuatu yang janggal dan kamu harus lebih waspada.

Saya juga mengerti bahwa bagi mereka yang sudah lebih expert jailbreak dan rooting adalah hal yang cukup wajar dan tidak selalu ditujukan untuk membajak. Tapi perlu diketahui juga bahwa salah satu alasan terbesar orang melakukan jailbreak atau rooting adalah untuk mengakses aplikasi bajakan jadi please keep that in mind.

Selamat mendownload game seru dan have fun with your game.
 

Sumber: http://www.jurukunci.net/2013/05/inilah-yang-bisa-terjadi-ketika-kamu.html