Halaman

Pengguna Gmail Juga BisaMengirim Uang Melalui E-mail

Asalasah ~ Layanan e-mail dari Google, Gmail untuk ke depannya tidak hanya dapat digunakan untuk mengirim surat elektronik. Tidak lama lagi, pengguna Gmail dapat mengirimkan uang langsung dengan menggunakan layanan ini.

Dalam blog resminya, Google mengumumkan akan mengintegrasikan layanan Google Wallet dengan Gmail. Artinya, setiap pengguna nantinya akan diberikan kemampuan untuk mengirimkan uang melalui e-mail.

Google Wallet adalah sistem pembayaran mobile buatan perusahaan raksasa internet tersebut. Dalam layanan ini, pengguna dapat menyimpan informasi kartu debit, kartu kredit, dan kartu hadiah (gift card). Setelah dimasukkan informasi, ponsel pengguna nantinya akan berfungsi layaknya kartu-kartu itu. Proses pembayaran sendiri dapat dilakukan dengan cara mendekatkan ponsel ke alat bayar di kasir melalui teknologi near field communication (NFC) yang sudah diterapkan di sejumlah model smartphone terbaru.

Dikutip dari Huffington Post, Kamis (16/5/2013), satu hal yang menarik dari layanan mengirim uang via Gmail adalah kemudahan prosesnya. Untuk mengirimkan uang, pengguna hanya perlu melakukan proses yang sama seperti mengirimkan e-mail dengan lampiran (attachment).

Untuk melampirkan (attach) uang ke dalam e-mail, pengguna cukup mengklik icon "$" yang ada di bagian menu. Setelah yakin dengan jumlah uang yang diinginkan, pengguna tinggal menekan tombol "Send". Otomatis, uang akan terkirim ke akun orang yang dituju. Sekadar catatan, si penerima uang pun harus memiliki akun Google Wallet.

Dalam posting blog resmi Google, Travis Green, Google Product Manager, produk ini akan segera diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan. Sayangnya, baru wilayah Amerika Serikat yang mampu menikmati layanan ini. Selain itu, hanya orang yang berusia 18 tahun ke atas yang diizinkan menggunakan layanan ini.

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat video di bawah ini.

Baca Juga: