Halaman

Mitos Minum Air Es Saat Haid Sebabkan Kista




Lagi-lagi mitos yang membuat wanita masih menganggap bahwa minum es saat menstruasi bisa menyebabkan haid terhambat. Haid yang terhambat karena minum es tersebut diduga bisa menyebabkan kista dalam waktu lima tahun ke depan. Benarkah seperti itu?

Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), menuturkan minum es ketika haid bisa menghambat darah kotor yang keluar itu salah. "Minum es nggak benar, nggak ngaruh ah, itu nggak ngaruh, nggak ada kaitannya, es itu nggak bagus buat daya tahan tubuh saja, kena kerongkongan, masuk angin, sakit," seperti dikutip dari Wolipop.com

Hal itu juga diperkuat oleh dokter kandungan, Dr Prima Progestian, SpOG,CH,CHt. "Sebenarnya nggak benar. Mitos itu nggak ada hubungannya secara langsung," tutur Prima yang menjadi dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Begitu pula dengan kabar yang mengatakan bahwa banyak minum soda akan memperlancar menstruasi. Dokter Frits mengatakan, minum soda sebenarnya hanya untuk menyegarkan tubuh tidak mempengaruhi masa menstruasi wanita. Oleh karena itu ia menyarankan agar minum soda secukupnya saja tidak perlu berlebihan.

"Mekanisme soda itu mempengaruhi fungsi dalam tubuh, kalau dibilang minum soda supaya lancar sebenarnya nggak, artinya soda secara umum dia me-refresh tubuh," terang pria yang juga menjabat sebagai Kasubdin Pelayanan Kesehatan Mabes TNI AU itu.


source: http://newslifestyle4u.blogspot.com/2013/05/minum-air-es-saat-haid-bisa-sebabkan.html