Halaman

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis
gambar : Buah Manggis
Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan – setelah sebelumnya membahas mengenai manfaat dari kulit manggis sekarang saya akan mencoba sedikit mengulas mengenai manfaat dari buah manggis itu sendiri.

Buah Manggis, buah ini terkenal dengan nama latin atau nama ilmiah Garcinia Mangostana L, manggis merupakan salah satu tanaman yang sangat baik untuk dibudidayakan didaerah tropika dan tentunya Indonesia juga. Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 7 sampai 25 meter.

Buah yang satu ini dinyakini kaya akan berbagai kandungan yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Dan salah satu kandungan yang terbaik adalah kandungan anti-oksida alami yang cukup tinggi. dengan adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi inilah yang membuat buah manggis bermanfaat baik untuk kesehatan kita.Manggis juga merupakan salah satu buah yang bisa bertahan lama (tidak busuk) walaupun buah ini tergeletak ditanah dalam waktu yang cukup lama.

Kulit Buah manggis matang memiliki ciri warna merah tua atau hampir masuk ke ungu-unguan dengan daging berwarna putih. Buah ini juga masih tergolong kedalam pasangan dari buah durian ‘king of fruits’, hal ini dikarenakan buah manggis mempunyai julukan atau sapaan nama ratunya buah-buahan ‘queen of fruits’

Para ilmuan atau ahli kesehatan juga telah melakukan banyak penelitian mengenai buah yang satu ini, baik dari kulit buahnya ataupun daging buah manggis sendiri, dan dari berbagai riset itu ternyata disimpulkan bahwa manggis memang memiliki banyak sekali kandungan-kandungan yang ber manfaat untuk tubuh kita.

Adapun manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

Buah Manggis Dapat Mencegah Penyakit Jantung
Adanya kandungan zat antioksidan alami dan antimikorbial pada buah manggis membuat buah yang satu ini bermanfaat untuk membantu tubuh anda dalam mensetabilkan kinerja dan elastisitas pembuluh darah, sehingga dengan lancarnya elastisitas pembulu darah inilah yang membuat anda dapat terhindar dari serangan sakit jantung.

Sebagai Buah Penyembuh Penyakit Kanker
Adanya Senyawa xamthone atau senyawa anti-kanker yang terdapat pada buah manggis bermanfaat baik untuk memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar, dan kanker hati. Bahkan kandungan xanthone juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukemia.

Buah Manggis Dapat Menangkal Adanya Radikal Bebas
Kandungan Catechins  yang ada pada buah manggis ternyata dapat mengalahkan Vitamin C serta vitamin E yang ada dalam tubuh kita. Padahal dengan Vitamin C dan E inilah yang berguna untuk menangkal tubuh dari adanya radikal bebas. Nah usahakan konsumsi buah manggis setiap hari rutin supaya anda dapat terhindar dari dari radikal bebas, dan tentunya anda juga akan mendapatkan cadangan antioksidan alami yang  melimpah dari buah manggis.

Mencegah Tubuh Dari Penyakit Diabetes
Kandungan xanthone pada Buah manggis dipercaya juga dapat mencegah penyakit diabetes mellitus yang ada pada tubuh, adapun pencegahan ini bekerja dengan sedikit-sedikit mengurangi kelebihan kadar gula pada darah kita sehingga lama-kelamaan gula darah tubuh akan kembali normal.

Buah Manggis Dapat Mengurangi Berat Badan
Ternyata kandungan Xanthone selain bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung, zat Xanthone ini juga bermanfaat untuk melunakkan kembali sel-sel membrane yang sudah membesar dan mengeras bersama besarnya tubuh kita.

Mencegah Penyakit Batu Ginjal
Mengapa buah manggis dapat mengobati batu ginjal? Hal ini didasarkan pada kebiasaan seseorang yang mengkonsumsi buah manggis maka akan sering mengalami buang air kecil, hal inilah yang bisa menghindarkan anda dari penyakit batu ginjal.untuk mendapatkan manfaatnya usahakan konsumsi buah manggis rutin minimal 3 ons dalam tiap harinya.

Mengurangi Reseiko Terkena Darah Tinggi
Dengan mengkonsumsi rutin buah manggis setiap hari, maka kadar gula dan pembuluh darah kita akan kembali normal dan tentunya dapat menghindarkan diri dari serangan darah tinggi.

Mencegah penuaan ( Awet Muda)
Kandungan anti-oksida yang terdapat pada buah ini ternyata baik juga untuk mengembalikan sel-sel kulit yang rusak, dan tentunya dapat meregrenerasi sel kulit baru tersebut.

Nah itulah manfaat buah manggis untuk kesehatan kita Semoga informasi yang ada diatas dapat bermanfaat baik untuk anda dan khususnya saya juga. Jika ada salah kata atau kurang akuratnya saya mohon maaf, dan boleh di sapa melalui kotak komentar di bawah.