Halaman

Makanan Yang Sebaiknya Dijauhi Ketika Usia diatas 50 Tahun

Usia Anda Lebih dari 50 Tahun?Hindari Makanan IniAsalasah ~ Pada saat usia Anda masih muda, tubuh Anda membutuhkan begitu banyak nutrisi untuk pertumbuhan, sehingga Anda dapat menikmati berbagai jenis makanan yang Anda sukai. Jika usia Anda telah bertambah, tentunya jenis makanan yang Anda santap pasti akan berubah. Tidak semua makanan bisa disantap oleh orang-orang berusia lanjut, mulai 50 tahun ke atas. Beberapa jenis makanan atau bahan makanan harus Anda kurangi porsinya, bahkan sangat disarankan untuk dijauhi.
Berikut ini adalah beberapa jenis makanan atau bahan makanan yang harus dihindari atau bahkan dijauhi bagi Anda yang telah berusia diatas 50 tahun :


1. Terlalu banyak garam
Tekanan darah Anda akan terkena dampak negative jika terlalu banyak garam dalam diet Anda. Tekanan pada ginjal, jantung, pembuluh darah dan otak Anda akan semakin besar jika tekanan darah Anda semakin tinggi. Anda akan lebih beresiko untuk terkena stroke, serangan jantung dan penyakit jantung jika tekanan darah Anda tinggi. Tekanan darah Anda akan terkena dampak langsung dengan jumlah garam yang Anda konsumsi.

Mungkin Anda telah mengetahui bahwa beberapa jenis makanan seperti misalnya keripik kentang memiliki kandungan garam yang tinggi, sehingga Anda menjauhinya. Namun, Anda masih harus waspada terhadap beberapa jenis makanana lainnya, seperti misalnya keju, daging olahan, pizza, makanan beku, serta sereal yang mungkin jadi teman sarapan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat sendiri makanan Anda dan menghindari fast food.

2. Minuman yang mengandung alkohol
Hati atau liver adalah organ tubuh yang akan terkena dampak dari minuman beralkoho. Penyebab utama kematian pada orang yang menyalahgunakan alcohol adalah penyakit jantung. Anda akan lebih beresiko untuk terkena berbagai penyakit seperti stroke, penyakit hati yang kronis serta kanker mulut jika Anda mengkonsumsi alcohol dalam jangka panjang.

3. Terlalu banyak gula
Menghindari kenaikan berat badan adalah alasan kebanyakan orang untuk menghindari gula. Para peneliti telah menemukan bahwa usia Anda akan berkurang dengan terlalu banyak mengkonsumsi permen. Tubuh Anda akan mengubah gula menjadi glukosa ketika Anda makan gula, baik itu dalam bentuk permen, setengah liter es krim atau karbohidrat dalam menu makan malam.

Penyakit gula atau diabetes adalah salah satu masalah kesehatan utama yang terkait dengan glukosa. Kerusakan ginjal, penyakit jantung dan kerusakan saraf adalah berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan oleh penyakit gula. Tampilan tubuh seseorang yang menderita diabetes akan lebih tua dari seharusnya karena penderita diabetes akan mengalam masalah pada mulut, kulit dan tulang.

4. Minuman yang mengandung Soda
Sirup jagung yang mengandung fruktosa yang banyak mengandung radikal bebas terdapat pada soda. Resiko untuk terkena penyakit gula, komplikasi dari penyakit gula dan kerusakan jaringan disebabkan oleh radikal bebas. Dampak buruk lain dari soda adalah mengandung asam fosfat yang akan menghilangkan magnesium dan kalsium. Padahal, agar kekebalan tubuh tetap berfungsi dengan optimal, tubuh memerlukan kedua nutrisi tersebut.

Baca Juga:  
Sumber: http://kesehatan.segiempat.com/makanan-sehat/usia-anda-lebih-dari-50-tahunhindari-makanan-ini/