Halaman

Kerja Kantoran: Paling Rentan Terkena Penyakit Jantung

Asalasah ~ Apakah Anda termasuk pekerja kantoran yang harus  duduk di depan meja komputer selama waktu kerja from 9 to 5Well, jika iya, maka ada sedikit kabar buruk bro. Pekerja kantoran adalah tipe orang yang sangat rentan untuk terkena penyakit jantung.
Why is that so?
Permasalahannya adalah karena aktivitas duduk (diam dan tidak banyak bergerak) sangat rentan untuk membuat jantung Anda tertutup dengan lemak. Walaupun Anda sudah mencoba untuk rajin berolahraga dan ingin mencoba beraktivitas, tetap saja resiko tersebut masih akan menyangkut erat karena kebiasaan duduk 6 – 8  jam di kantor.
Untuk mengerti situasi ini, Anda perlu tahu tentang beberapa jenis lemak yang ada di dalam tubuh. Ada yang namanya lemak subkutan, yaitu lemak yang ada di bawah kulit. Ada juga lemak visceral, lemak yang biasanya berada di sekitar otot bagian dalam, lemak intramuscular yang ada di otot, dan juga lemak intrathoratic dan lemakpericardial  yang ada di sekitar jantung.
Nah, ketika Anda duduk terlalu lama, lemak pericardial akan meluas yang berarti menimbulkan lebih banyak tumpukan yang menghambat kinerja jantung, dan pada akhirnya meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Lemak pericardial hanya bisa dihilangkan jika kita fokus untuk melakukan dua hal secara konsisten. Pertama, lebih banyak melakukan olahraga – terutama cardio dan yang kedua adalah mengurangi waktu duduk Anda setiap harinya.
Permasalahan kedua mungkin akan lebih sulit karena hal tersebut berkaitan dengan tuntutan profesi pekerjaan. Yang bisa Anda lakukan hanyalah memanfaatkan setiap waktu yang ada untuk bisa bangkit berdiri dan berjalan-jalan setidaknya setiap dua jam sekali. Kira-kira gerakan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini?
  1. Memilih menggunakan tangga daripada lift
  2. Memilih untuk membeli makanan sendiri daripada menyuruh OB – sekaligus juga pada saat Anda ingin membuat teh ataupun kopi
  3. Berbicara langsung dengan mendatangi rekan kerja Anda di mejanya, daripada menggunakan telepon, email ataupun chat messenger setiap kali ada kesempatan
Walaupun terasa sulit dan terkesan mencuri waktu, namun bukan berarti tujuannya untuk mangkir dari pekerjaan kan bro? Kembali lagi ke inti permasalahan, kesehatan Anda sama pentingnya, jika tidak lebih penting, dari pekerjaan Anda.
Work hard & stay healthy bro!

Baca Juga:  
Sumber: http://www.buaz.net/2013/05/pekerja-kantoran-adalah-tipe-orang-yang.html?m=1