Halaman

Warga Paruh Baya Amerika Hobi Ngebunuh Diri Sendiri

Warga paruh baya Amerika doyan bunuh diri
Asalasah ~ Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan angka kematian akibat bunuh diri di Amerika lebih tinggi dibandingkan dengan mereka tewas dalam kecelakaan mobil. CDC juga menyebut angka kematian ini dilakukan mereka berusia antara 35 sampai 64 tahun.

Surat kabar the Telegraph melaporkan, Jumat (3/5), angka warga Amerika melakukan bunuh diri di rentang usia itu tumbuh dari 13,7 persen per 100 ribu orang pada 1999 menjadi 17,6 persen per 100 ribu pada 2010, dan semakin mengkhawatirkan dengan 28 persen dalam satu dekade terakhir.

Angka kematian akibat bunuh diri paling tinggi berada di antara mereka berusia 50-an tahun. Mereka berasal dari generasi lahir setelah Perang Dunia II, di mana hampir 50 persen dari antaranya melakukan bunuh diri.

"Bunuh diri merupakan insiden yang jauh lebih umum," kata Direktur CDC, Tom Frieden. "Laporan ini menyoroti kebutuhan untuk memperluas pengetahuan kita tentang faktor-faktor dari risiko yang ada sehingga kita dapat membangun program-program pencegahannya."

CDC mengatakan pada 2010, sekitar 18 dari 100.000 penduduk berusia 35-64 meninggal karena bunuh diri, dengan empat angka lebih banyak dari satu dekade sebelumnya.

Menurut CDC pada 2010 jumlah kematian akibat kecelakaan kendaraan bermotor hanya 33.687 orang, sementara mereka yang meninggal sebab bunuh diri mencapai 38.364.

CDC juga menemukan fakta bahwa kebanyakan dari antara mereka melakukan bunuh diri dilakukan dengan senjata, sekarat sebab mati lemas, dan gantung diri yang menjadi tercepat dengan angka 80 persen selama sepuluh terakhir.

Sebelumnya penelitian dan pencegahan hanya difokuskan pada generasi muda dan para orang tua. Namun, CDC mengatakan untuk program kali ini harus diperluas untuk mereka yang berusia paruh baya mengingat hasil laporan dari statistik yang ada.

Para ahli tidak tahu pasti mengapa angka bunuh diri meningkat begitu nyata di antara orang paruh baya. Namun, mereka menyatakan penyebab bunuh diri bisa mencakup krisis ekonomi dalam beberapa tahun terakhir.

CDC juga mengatakan bahwa beberapa strategi pencegahan bunuh diri ini termasuk di antaranya meningkatkan dukungan sosial dan peningkatan akses terhadap kesehatan mental dan layanan konseling.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.merdeka.com/dunia/warga-paruh-baya-amerika-doyan-bunuh-diri.html