Halaman

Tiap Bulan, Muslim di Amerika Bagi Makanan Gratis

Asalasah ~ Setiap bulan, Muslim Amerika memberikan makan ribuan orang yang membutuhkan  dan tunawisma di daerah New Jersey dan Pennsylvania.

"Kita melihat ini sebagai kebutuhan besar dan kesempatan untuk menjangkau dan menolong saudara-saudara kita di komunitas ini," Aliza Haniff, seorang pengurus di National Islamic Association Soup Kitchen Program, kepada OnIslam.net, Kamis 2 Mei.

"Sebagai Muslim, kita bersyukur kepada Allah atas kesempatan ini dan, Alhamdulillaah, kita akan memasuki tahun ketiga kami di dapur umum kami ini."

Asosiasi Islam Nasional atau National Islamic Association (NIA), adalah Islamic center sekaligus masjid di kawasan Newark, New Jersey, yang bermitra dengan American Muslims for Hunger Relief (AMHR) setiap bulan untuk menjalankan dapur umum.

AMHR adalah organisasi bantuan sosial yang mengkoordinasikan pengumpulan dan distribusi pangan dengan bekerja sama dengan perusahaan lokal yang menyumbangkan makanan dan dengan masjid lokal, pusat-pusat Islam, dan kelompok-kelompok pelayanan sosial yang mendistribusikan makanan melalui dapur umum, bank makanan dan berkeliling memberikan makanan dengan mobil.

Pada bulan Maret, organisasi ini mendistribusikan 1.000 makanan di Sabtu pagi kepada orang-orang yang membutuhkan makanan dan tunawisma di New Jersey dan Philadelphia.

Pada tahun 2011, 46.2 juta orang, hampir 15 persen dari populasi Amerika, hidup dalam kemiskinan, menurut Biro Sensus AS, sementara 17,9 juta rumah tangga hidup dalam kondisi rawan pangan.

Pengurus  masjid melihat inisiatif dapur umum sebagai bagian penting dari program penjangkauan masyarakat mereka.

"NIA menggunakan ini sebagai bagian dari program pendidikan dan penyuluhan untuk masyarakat, tanpa memandang usia, jenis kelamin, atau keyakinan agama," kata Haniff kepada OnIslam.net.

"Kami tidak memberikan bahan dakwah selama acara dapur umum kami karena kami tidak merasa dakwah harus dimanfaatkan terhadap mereka yang membutuhkan makanan.

"Satu-satunya tujuan kami adalah untuk memberi makan masyarakat," tambahnya. "Jika orang bertanya kepada kami tentang Islam, kami menyediakan mereka dengan informasi dan penjelasan."

Sementara itu, masjid NIA berharap untuk memiliki fasilitas dapur yang lebih baik untuk menyiapkan makanan bagi yang membutuhkan dibangunan yang juga menjadi Islamic Center itu. Kini mereka tengah melakukan renovasi. [har]

Baca Juga: 



Sumber: http://muslimina.blogspot.com/2013/05/setiap-bulan-muslim-amerika-bagikan.html?m=1