Halaman

Spesifikasi beberapa Helikopter Tempur

Asalasah ~ 1. AH-1 Huey Cobra


Fungsi utama dari AH-1 Huey Cobra sebagai penghancur tank dengan senjata andalan
19 roket kaliber 70 mm BGM-71A TOW. Roket berbahan peledak tinggi ini sanggup
Menghantam sasaran dari jarak 3 Km. Selain roket kaliber 70 mm, Huey Cobra juga
Dipersenjatai kanon tiga laras M 197 kaliber 20 mm buatan General Electrik dan 2 peluncur
Granat kaliber 40 mm atau senapan mesin ringan kembar berlaras enam. Perkembangan paling mutakhir Huey Cobra adalah ketika militer AS kemampuan menggempur tank
Pada malam hari atau saat udara berkabut tebal.

2. AH-64 Apache

Persenjataan yang dimiliki Apache antara lain 16 rudal berpemandu laser AGM-114 Hellfire yang sanggup menghantam sasaran berat seperti tank dari jarak 20 km, serta senapan mesin M230 yang mampu menembakkan peluru sebanyak 625 butir per menitnya. Sedangkan untuk pengoperasian senapan ini cukup mudah karena moncong senapan terhubung langsung dengan helm pilot yang secara elektronik akan bergerak sesuai dengan target yang sedang dilihat pilot.
Negara pengguna : AS, Mesir, Yunani, Israel, Jepang, Kuwait, Belanda, Taiwan, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Singapura dan Inggris

3. MIL MI-24 Hind

Heli tempur yang juga berfungsi sebagai heli angkut diproduksi usai perang Vietnam. Versi pertama Mi-24, Hind-A sudah merupakan heli tempur yang cukup garang karena dilengkapi dengan persenjataan berat berupa tabung roket kaliber 57 mm, rudal antitank AT-2 Swatter dan senapan mesin kaliber 12,7 mm.

Negara pengguna : Afganistan, Angola, Aljazair, Indonesia, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Brazil, India, Libiya, Iran, Myanmar, Rusia, AS, dll.

4. KA-52 Alligator

Produk Heli tempur Rusia Ka-52 Alligator yang mulai diterbangkan pada Juni 1997 merupakan pengembangan dari hjeli tempur Ka-50 Hokum. Layaknya heli tempur yg tangguh, ruangan kokpit Alligator dilapisi baja dan mampu menahan tembakan senapan mesin kaliber 20 mm. Sama halnya dengan AH-64 Apache senapan mesin yang ada di Alligator dapat diarahkan sesuai dengan arah pilot melihat target.

Selain heli tempur diatas masih banyak lagi heli tempur lainnya seperti :
Eurocopter Tiger

AS 565 Panther,

AS 532 Cougar,

MH-6 Little Bird,

dan masih banyak lagi

Baca Juga: