Halaman

Penyakit Demam Berdarah Dengue

Penyakit Demam Berdarah
Penyakit Demam Berdarah
Penyakit Demam Berdarah Dengue ~  Musim Hujan memang memberikan banyak berkah, karena di musim ini biasanya buah-buahan banyak yang dipanen dan kita mudah untuk mendapatkan air bersih. 

Namun taukah anda bahwa musim hujan juga merupakan penyebab awal mulainya penyakit demam, Flu, Malaria, Batuk, dan yang paling mengerikan adalah penyakit DBD ( Penyakit Demam Berdarah).

Demam berdarah terjadi karena seseorang tergigit oleh nyamuk aedes aegypti serta nyamuk aedes albopictus, kemudian nyamuk ini menyebarkan sebuah virus yang bernama virus dengue. Virus dengue ini bisa membuat ganguan yang terjadi di pembuluh darah kapiler. Nah dengan penularan ini, tubuh akan mengalami pembekuan darah, sampai sampai tubuh akan mengalami pendarahan.

Seoarang yang terkena Penyakit deman berdarah biasanya sangat mudah kita temukan di daerah tropis dengan intensitas hujan yang tinggi. Sebab nyamuk aedes ini akan mudah berkembang biak jika musim hujan tiba.

Tanda-tanda orang terkana demam berdarah, akan terlihat dengan munculnya gejala 3 sampai 15 hari seorang terkena gigitan nyamuk aedes disebut masa inkubasi atau masa tunas. Kemudian seorang yang sudah terkena virus dengue ini akan menunjukan tanda-tanda gejala sedikit demi sedikit.

Adapun tanda-tanda seorang akan mengalami penyakit demam berdarah adalah sebagai berikut:
  • Seseorang akan mengalami Demam yang sangat tinggi sekitar 2 sampai 7 hari, demam ini akan terjadi secara mendadak, biasanya demamnya hingga mencapai 38 sampai 40 oC.
  • Mulai menunjukan bintik-bintik pada kulit (bintik-bintik ini biasanya berwarna merah).
  • Merasakan Sakit Kepala
  • Sakit atau nyeri yang terjadi pada belakang mata
  • Otot atau persendian akan merasakan nyeri di sekujur tubuh
  • Mulai merasakan tulang nyeri
  • Menurunnya lekosit atau sel darah putih
  • Munculnya tanda-tanda pendarahan dibagian hidung (mimisan), kelopak mata (konjungtiva).
  • Tertular dari tetangga yang sudah terlebih dahulu positif terkena penyakit demam berdarah.
  • Menurunnya tekanan darah
  • Timbulnya beberapa gejala seperti, mual, merasakan kurang nafsu makan, diare, perut sakit, menggigil dll
Nah setelah mengetahui beberapa penyebab demam berdarah yang ada diatas, Sebenarnya kita bisa mencegah penyakit demam berdarah, Pencegahan ini sudah masuk ke dalam program nasional yaitu dengan cara 3 M, apakah itu 3 M.
berikut adalah penjelasan mengenai 3 M.
  • Menguras
    Anda dianjurkan rutin menguras kolam atau bak mandi secara rutin, jika air mulai kotor atau keruh. Dikarenakan nyamuk biasanya suka berkembang biak di bak mandi, kolam atau tempat air lainnya. Atau bisa dengan memasukan beberapa ikan kecil, ikan kecil ini nantinya akan memakan benih-benih nyamuk ( jentik nyamuk).
  • Menutup
    Usahakan selalu menutup semua tempat penampungan air bersih. Jika setelah anda mandi sebaiknya anda anda menutup tempat air tersebut, sehingga nyamuk tidak bisa berkembang/ meletakkan telur kedalam bak penampungan air.
  • Mengubur
    Kuburlah barang – barang anda yang sudah tidak anda pakai lagi, barang barang ini seperti botol, kaleng sarden, dan barang- barang lainnya. karena jika anda tidak menguburnya maka barang barang tersebut akan memungkinkan terjadinya genangan air. Dan tentunya genangan itu bisa menjadi tempat berkembang biak-nya nyamuk.
Nah jika anda sudah keduluan terkena penyakit DBD ini, sebelum melakukan cara-cara diatas (3 M). biasanya anda membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk mengembalikan kekuatan anda atau menyembuhkan penyakit demam berdarah.

Adapun cara untuk mengobati demam berdarah yang bisa anda coba adalah dengan memberikan tubuh cairan elektrolit, cairan ini bisa anda peroleh dari minuman seperti berikut: Air Heksagon, air kelapa muda, Jus Buah, Angkung, daun dewa, jus jambu biji dan alang-alang. Sehingga anda bisa mencegah dehidrasi tubuh. Atau mengkonsumsi obat-obatan sesuai petunjuk dokter.

Catatan: jika anda terserang penyakit ini sudah terlalu parah usahakan anda 
pergi ke rumah sakit supaya menghindari hal- hal yang tidak diinginkan dan segera mendapatkan penangan terbaik dari dokter.

Itulah sedikit ulasan tentang pengertian penyebab utama, dan cara penanganan Penyakit Demam Berdarah Dengue. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.