Halaman

Misteri dan Cerita Lukisan Oei Hui Lan


Di Hotel Tugu, Malang ada sebuah lukisan yang sangat menarik penghuni dan pengunjung hotel. Lukisan yang terletak di ruangan The Sugar Baron Room hotel ini adalah gambar seorang wanita cantik berambut panjang sedang berdiri di depan cermin. Selain karena tampilannya yang nggak biasa, yang bikin lukisan ini menarik adalah kisah wanita di dalamnya yang ternyata adalah Oei Hui Lan, putri pria terkaya di Asia Tenggara di abad 19, Oei Tiong Ham.

Kisah hidup Oei Hui Lan ini lumayan fenomenal. Dia adalah putri kesayangan dari pengusaha gula ternama asal Semarang, Oei Tiong Ham yang kekayaannya terkenal di seluruh Asia hingga Eropa. Oei Hui Lan yang lahir di tahun 1889 ini sangat pintar. Dia sering mendampingi Ayahnya berdagang ke Cina, Amerika dan Eropa. Oei Hui Lan menikah dengan Wellington Koo, salah satu duta besar Cina dan bergaul akrab dengan keluarga bangsawan Eropa mulai dari Ratu Viktoria hingga Ratu Belgia. Bahkan, fotonya tercatat dalam musem kerajaan di Inggris.

Oei Hui Lan meninggal dunia di tahun 1992 pada usia 93 tahun. Sebelum meninggal, Oei Hui Lan sempat menulis dan menerbitkan buku berjudul No feast last forever yang menceritakan perjalanan hidupnya yang luar biasa ini. Salah satu peninggalan Oei Hui Lan adalah lukisan dirinya yang terdapat di Hotel Tugu, Malang ini. Tidak ada yang tahu siapa pelukisnya, tapi yang jelas penampakan diri Oei Hui Lan di lukisan ini lumayan menyeramkan.

Pasalnya, di lukisan itu terlihat bayangan Oei Hui Lan di cermin dengan rambut terurai panjang hampir mencapai lutut. Tatapan matanya pun menatap tajam sehingga banyak pengunjung yang merasa bahwa Oei Hui Lan terlihat hidup di lukisan itu. Selain tampak hidup, sering terasa aura dingin di sekitar lukisan itu. Beberapa pengunjung pun pernah mengaku didatangi Oei Hui Lan dalam mimpi mereka setelah melihat lukisan itu.

sumber: http://www.ceritaciijail.com/2013/05/Misteri.dan.Cerita.dibalik.Lukisan.Oei.Hui.Lan.html