Halaman

Manfaat Tumbuhan Lidah Buaya

manfaat lidah buaya
manfaat lidah buaya
Manfaat Tumbuhan Lidah Buaya ~ tumbuhan yang satu ini memang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. lidah buaya sering sekali di manfaatkan oleh kita sebagai obat herbal alami, selain itu lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada jerawat, kulit, menyembuhkan luka dan melebatkan rambut.

Sedikit refrensi mengenai lidah buaya, tumbuhan yang satu ini terkenal memiliki nama latin aloe barbadensis milleer atau aloe vera. Lidah buaya sangat mudah sekali ditemukan di daerah/kawasan afrika, walaupun  sekarang ini di Indonesia juga sudah mudah ditemukan.

Seiring dengan pesatnya kemampuan dan perkembangan kemajuan ilmu teknologi dan pengetahuan, lidah buaya tidak hanya dimanfaatkan sebagai tanaman herbal saja melainkan mulai merambah ke industri farmasi, bahan baku pembuatan kosmetik, dan menjadi salah satu bahan baku pembuatan minuman serta makanan kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang dilakuakan oleh pakar pengamat, lidah buaya ternyata kaya akan zat dan kandungan seperti, mineral, polisakarida, enzim, asam amino serta masih banyak kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya.

Nah setelah sedikit mengetahui aneka kandungan dan pengetahuan mengenai aloe vera/ lidah buaya walaupun tidak sedetail mungkin, sekarang ini saya akan memberikan ulasan mengenai manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Lidah Buaya diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengatasi Ketombe.
Ternyata tumbuhan yang satu ini sangat cocok untuk anda yang memiliki masalah ketombe, dan gatal diarea kulit kepala, sehingga ketombe dapat terkurangi bahkan terangkat hilang. Adapun caranya sangat mudah: siapkan lidah buaya, ambil bagian lendir yang terdapat pada dagingnya, lalu usapkan kebagian rambut  sebelum anda melakukan kramas.

Lidah buaya berguna untuk Detoksifikasi
Selain sebagai tumbuhan yang dapat mengatasi ketombe, lidah buaya bermanfaat juga sebagai tanaman penawar racun alami. Selain itu lidah buaya juga bisa membantu anda yang sedang mengalami stress berat. Adapun cara pemanfaatan lidah buaya sebagai detoksifikasi dan stress adalah dengan memblender lidah buaya untuk dijadikan jus. Serta minumlah jus tersebut.

Lidah buaya mempermudah kerja usus.
Kandungan Aloe lateks yang terdapat pada lidah buaya dangat baik untuk mempermudah kinerja usus kita, adaoun kandungan aloe lateks tersebut adalah sbb: antrakuinon glycosidesaloin A serta antrakuinon glycosidesaloin B.

Sebagai tumbuhan Perawatan kulit.
Di sub manfaat ini, manfaat lidah buaya untuk kulit sangatlah banyak dan diantaranya adalah: sebagai tumbuhan etoksifikasi kulit, membantu peremajaan kulit, menghilangkan komedo, jerawat, mempercepat proses penyembuahan luka, penghilang bekas luka dan masih banyak yang lainnya lagi.

Sebagai tumbuhan obat Diabetes.
Adapun cara pembuatan obatnya adalah sebagai berikut. Siapkan sekitar 2 buah lidah buaya, kemudian cuci bersih, lalu buanglah duri-duri yang terdapat disamping lidah buaya, dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Langkah selanjutnya rebus potongan lidah buaya dengan air  3 gelas, minum rebusan air itu 3 kali sehari setelah anda makan. Lakukan cara ini sampai gula darah anda turun.

Lidah buaya bermanfaat untuk Kekebalan tubuh.
Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan alami yang baik untuk menjauhkan tubuh dari radikal bebas sehingga imun tubuh akan tetap terjaga.

Nah itulah sedikit manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang bisa kita dapat, semoga artikel ini bisa membantu anda semua yang membutuhkan. Dan semoga anda yang mengalami masalah segera terselesaikan amiiin.