Halaman

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau
Manfaat Kacang Hijau
Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan ~ kacang hijau, siapa yang tidak kenal dengan kacang yang satu ini, kacang yang sering digunakan sebagai bahan makanan/minuman, Kue, ataupun sereal anak. Makanan/minuman yang menggunkanan bahan dasar kacang hijau bisa kita temui pada bubur kacang hijau, es kacang hijau, pudding dan masih banyak makanan lainnya.

Kacang hijau termasuk Jenis Tumbuhan yang tergolong kedalam jenis polong-polongan, kacang hijau juga mempunyai Kandungan protein yang terbilang cukup tinggi, kalsium dan fosfor. Tak hanya disitu saja  kacang hijau juga mempunyai kandungan lemak tak jenuh, lemak jenis ini bermanfaat baik untuk kesehatan kita.

Selain kandungan diatas kacang hijau juga memiliki kandungan gizi, seperti: serat yang tinggi, Vitamin B, C. serat memiliki manfaat untuk membuat system pencernaan yang ada dalam tubuh bekerja lebih efektif, sehingga kinerja Usus/pencernaan akan lebih ringan jika mengkonsumsi kacang hijau.

Namun dalam pengonsumsian kacang hijau usahakan jangan terlalu matang karena jika terlalu matang kandungan gizi akan berkurang, dan jangan membuang air rebusan kacang hijau tersebut. Air rebusan kacang hijua bermanfaat penting untuk kesehatan kulit dan membantu proses penyembuhan luka.

Nah setelah sedikit mengetahui kandungan dan manfaat kacang hijau yang belum secara keseluruhan / lengkap diatas. Berikut adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi kacang hijau:

Manfaat Kacang Hijau
  • Didalam Kacang hijau yang masih segar hanya mengandung kalori sekitar 31 kkal  dalam per 100 g (kacang hijau mentah) serta mengandung lemak tak jenuh. Sehingga hal ini bisa memperlancar dan menghilangkan lemak jenuh yang tertempel pada arteri, dengan hilangnya lemak jenuh di arteri aliran darah akan kembali lancar lagi.
  • Kacang Hijau kaya akan serat, serat ini berfungsi sebagai pencuci perut, serta melindungi kinerja selaput lendir usus, sehingga zat beracun/ bahan kimia akan terserap oleh serat tersebut, dan tentunya akan meminimalisir terjadinya penyakit kanker dalam usus.
  • Kacang hijau mengandung zat vitamin A, Jenis vitamin ini tentunya sangat baik untuk kesehatan mata kita, selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga bermanfaat Untuk menjaga dan melindungi  kesehatan jaringan tubuh, sehingga mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.
  • Kacang hijua mampu mengobati Kolesterol, seperti yang kita tahu bahwa Kacang hijau memiliki lemak tak jenuh, jenis tanaman polong yang satu ini juga rendah akan kandungan kalori, sehingga sangat baik untuk anda penderita kolestrol, anda bisa mengkonsumsi kacang hijau setiap hari, dengan aneka pilihan olehan baik bubur, onde-onde, eskacang hijau dll. Sehingga dengan mengkonsumsi kacang hijau kolestrol dalam tubuh anda sedikit-demi sedikit akan berkurang.
  • Kacang hijau bermanfaat baik untuk ibu hamil. Adapun hal-hal yang membuat kacang hijau bermanfaat baik untuk kesehatan ibu hamil adalah adanya kandungan, Asam folat, vitamin B1, B2 kandungan protein, lemak tak jenuh, karbohidrat, kalsium dan fosfor, semua kandungan ini bermanfaat untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Jadi kacang hijau cocok untuk dikonsumsi para ibu hamil yang menginginkan kesehatan dalam mengandung bayi.
Itulah ulasan mengenai manfaat kacang hijau yang bisa kita peroleh jika kita mengkonsumsi, tanaman polong yang satu ini, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua tentang dunia kesehatan, dan tentunya bermanfaat untuk kita semua.