Halaman

Manfaat Dan Khasiat Berjemur Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Dan Khasiat Berjemur Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Dan Khasiat Berjemur Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Biasanya, jika seorang terkena tekanan darah tinggi, mereka akan dilarang untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Penderita hipertensi juga kemudian akan cenderung disarankan untuk mengganti pola makan dan gaya hidup. Jika tidak ditangani dengan benar, penderita hipertensi bisa terkena stroke hingga serangan jantung.
Ada cara mudah jika Anda ingin mengantisipasi dari penyakit menyeramkan yang satu ini. Caranya mudah, Anda hanya cukup duduk di bawah sinar matahari selama 20 menit. Sesederhana itu kah? Begini penjelasan yang diberikan oleh peneliti dari Edinburgh University.

Selama ini, sinar matahari memang selalu dikaitkan dengan kegunaannya dalam mencegah kanker kulit. Ternyata,ada manfaat lain yang bisa didapat dari teknik ini. Peneliti di Edinburgh University mengungkap bahwa jika Anda 'menjemur' diri Anda di bawah sinar matahari selama 20 menit, maka pembuluh darah akan mengeluarkan zat kimia penting yang bernama oksida nitrat. Ini bertindak untuk mengurangi tekanan darah dan juga mengurangi resiko serangan jantung, stroke dan penyumpalan darah.

Dalam penelitian ini, sebanyak 24 relawan melakukan sun bath di bawah tanning lamp dua kali dengan masing-masing 20 menit. Pada sesi pertama, relawan akan dipapar oleh sinar dan panas dari UV, sedangkan untuk sesi kedua mereka hanya akan dipapar oleh panasnya saja. Tekanan darah mereka turun drastis setelah sesi pertama, ini dikarenakan radiasi UV.

Para peneliti percaya bahwa oksida nitrat yang terkandung dalam kulit terbuka dan memperlebar arteri, ini tentu akan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dr. Weller juga mengatakan bahwa manfaat dari jantung sehat karena sinar matahari juga akan mengurangi resiko kanker kulit. Ia juga menambahkan bahwa memang terlalu cepat jika dikatakan metode ini sebagai penyembuhan yang pasti karena hingga sekarang, metode ini juga akan masih menjadi perdebatan.

Baca juga artikel kesehatan tentang manfaat kulit manggis.