Halaman

Fobia (Takut) Telanjang, Walaupun Sendiri Dalam Kamar

Asalasah ~  Tobias Funke, seorang tokoh fiktif dalam sebuah program televisi Arrested Development digambarkan selalu panik saat kepergok sedang menggunakan celana pendek. Lelucon ini memang cuma tontonan di TV, tetapi perilaku seperti ini bisa ditemui dalam kehidupan nyata.

"Ada orang yang tidak nyaman telanjang atau setengah telanjang di depan orang lain, dan ada pula yang bahkan tidak nyaman melihat dirinya sendiri telanjang," kata Martin Antony, profesor psikologi dari University of Toronto seperti dikutip dari NBC News.


http://images.detik.com/content/2013/05/20/763/113430_gymnophibiafox.jpg

Prof Antony mengatakan, perilaku seperti ini dinamakan gymnophobia atau ketakutan yang menetap dan tidak normal terhadap ketelanjangan. Pengidapnya akan merasa gelisah saat telanjang, meski dalam hatinya mengakui tidak ada alasan untuk takut ataupun malu.

Tidak hanya takut ketahuan sedang telanjang maupun sedang tidak berpakaian lengkap, pengidap gymnophobia kadang juga takut melihat dirinya sendiri tidak berbusana. Bahkan saat mandi pun, kadang-kadang harus tersisa pakaian dalam atau apapun yang masih melekat di badan.

"Mereka bisa khawatir melihat orang lain telanjang, atau dilihat oleh orang lain sedang telanjang. Bisa keduanya," lanjut Prof Antony.

Prof Antony menambahkan, penyebab fobia unik ini biasanya berhubungan dengan pengalaman negatif. Beberapa pengidapnya pernah dibully saat telanjang atau tidak berpakaian lengkap. Sebagian ada pula yang mengalami pelecehan seksual, atau sejak kecil memang mengalami krisis percaya diri.

Meningkatnya jumlah penderita obesitas juga mendorong kecenderungan untuk saling membandingkan bentuk tubuh. Akibatnya gangguan rasa percaya diri terhadap bentuk tubuh ikut meningkat, sehingga dikhawatirkan juga memicu gangguan gymnophobia alias takut telanjang.

Baca Juga:  
Sumber: http://iniunic.blogspot.com/2013/05/masa-telanjng-aja-takut.html?m=1