Halaman

Cara Menggosok Gigi Yang Baik Dan Benar

Tips Cara Menggosok Gigi Yang Baik Dan Benar Untuk Gigi Sensitif Dan Terhindar Dari Bau Mulut

Nah berikut ini adalah tips bagaimana cara menggosok gigi yang baik atau cara menyikat gigi yang benar:

Cara Menggosok Gigi Yang Baik Dan Benar

Cara Menggosok Gigi Yang Baik Untuk Gigi Sensitif:

Cara menyikat gigi yang baik itu adalah dengan memutar atau sirkular karena menjangkau seluruh permukaan gigi, sementara risiko gusi terlukai pun sangat kecil.

Karena itu, hindari menyikat gigi secara horizontal karena bisa menurunkan ketinggian gusi yang memicu gangguan gigi sensitif," sambung dia. Tekanan dalam menyikat gigi juga berpengaruh pada kesehatan gusi.

Terkadang kita tidak merasa kalau tekanan menyikat gigi terlampau keras karena karakter gigi itu sendiri itu keras. Padahal, kalau sikat gigi sudah mulai terasa sakit di kulit tangan contohnya, itu juga sudah memicu merusak email dan dentium gigi," katanya.

Oleh karena menyikat gigi yang baik adalah dengan gerakan memutar hingga menjangkau seluruh permukaan gigi dengan tekanan ringan. Kebiasaan ini harus rutin dan terus-menerus dijalankan, minimal dua kali sehari.

Karena gigi sensitif ini muncul dari kebiasaan buruk, makanya kita jarang sekali menemukan gejala gigi sensitif pada anak-anak yang masih memiliki gigi susu.

Gangguan gigi sensitif muncul ketika dentin yang menyelimuti hampir seluruh bagian gigi memiliki pori-pori dengan jutaan saluran kecil menuju syaraf. Ketika dentin terbuka, bagian yang terekspos lingkungan akan merasakan berbagai sensasi, seperti ngilu dan menusuk.

===============================

Cara Menggosok Gigi Yang Benar:


1. Oleskan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi kesehatan mulut Anda pada sikat gigi. Sikat bagian yang digunakan untuk mengunyah terlebih dahulu. Tidak terlalu menjadi masalah mana yang lebih dahulu antara bagian atas atau yang bawah

2. Pastikan sikat gigi Anda membentuk sudut 45 derajat berlawanan dengan garis gusi. Gosok setiap bagian belakang mulut Anda mulai dari bagian dalam kemudian ke luar. Gosok sebanyak 8-10 kali hingga bersih. Sikat secara lembut dengan gerakan memutar untuk membantu menghilangkan plak yang menempel pada gigi dan gusi.

3. Putar sikat gigi Anda menjadi bentuk vertikal untuk menggosok bagian depan dalam mulut Anda mulai dari yang atas dan bawah. Area ini sangat penting untuk digosok karena biasanya pada daerah inilah plak banyak terkumpul.

4. Jangan lupakan pula membersihkan lidah Anda. Bagian dalam pipi dan langit-langit mulut, serta bagian bawah lidah juga perlu untuk dibersihkan. Jika Anda rutin membersihkan daerah-daerah ini, bau mulut yang tidak sedap akan berkurang lebih dari 80%.

5. Akhiri rutinitas menggosok gigi Anda dengan membersihkan sikat gigi yang digunakan. Penyimpanan yang kurang sesuai akan menyebabkan bakteri berkembang biak di sikat gigi dan ketika kita menyikat gigi kembali, bakteri akan balik ke dalam mulut. Anda juga dapat merendam sikat gigi ke dalam secangkir air panas selama beberapa menit.

Selain cara menggosok gigi yang benar, hal yang juga perlu Anda perhatikan adalah pemilihan sikat gigi yang sesuai. Sebisa mungkin Anda memilih sikat gigi dengan bulu yang lembut. Bulu sikat yang kasar dapat menyebabkan iritasi pada gusi dan juga dapat mengikis lapisan enamel gigi (bagian keras gigi yang berwarna putih). Anda juga disarankan untuk mengganti sikat gigi setidaknya 3 bulan sekali atau ketika bulu-bulu sikat sudah tidak nyaman ketika dipakai. Selain itu jangan pernah menggunakan satu sikat gigi untuk 2 orang atau lebih. Hal ini bisa mengkibatkan berpindahnya bakteri penyebab penyakit dari satu orang ke orang yang lain.

===============================

Nah itulah tips cara menyikat gigi yang benar, jangan lewatkan juga untuk membaca artikel kesehatan tentang manfaat kulit manggis.