Halaman

8 Jenis Sumber Kafein Selain Dari Kopi




Orang yang terlalu banyak bekerja dan kurang tidur dapat menggunakan kafein sebagai penopang energi. 250 miligram kafein per hari dapat membuat otak tetap terjaga, meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stres.



Tetapi konsumsi terhadap kafein harus diperhatikan agar tidak menimbulkan kecanduan. Anda mungkin sudah mengurangi jumlah kopi dan teh yang Anda konsumsi, tetapi tahukah bahwa ada beberapa jenis makanan dan minuman lain yang ternyata mengandung kafein?



Berikut 11 jenis sumber kafein yang perlu Anda katahui antara lain:



1. Minuman Bersoda

Cola dan minuman bersoda lainnya mengandung kafein. Minuman jeruk yang bersoda ternyata memiliki kandungan kafein yang besar yaitu sebanyak 41 miligram.



2. Cokelat

Kafein ditemukan secara alami dalam biji kakao, sehingga coklat apapun memiliki kandungan kafein. Permen cokelat umumnya mengandung kafein kurang dari 10 miligram, tetapi semakin gelap cokelat, semakin tinggi kandungan kafeinnya.



Produk cokelat diperkaya dengan kafein tambahan yang memiliki kandungan kafein sampai 60 miligram, hampir sama dengan kafein dalam secangkir teh.



3. Es krim

Banyak merek es krim memiliki rasa kopi dan cokelat yang mengandung antara 30 dan 45 miligram kafein yang hampir sama dengan sekalengminuman bersoda.



4. Pil penurun berat badan

Kafein memang tidak berpengaruh dalam usaha menurunkan berat badan Anda. Tetapi pil diet umumnya mengandung kafein dalam jumlah yang besar.



Pada tahun 2005, ConsumerLab melakukan analisa terhadap dosis harian obat diet jenis Zantrex-3 sebanyak 1.223 miligram mengandung kafein hampir sama dengan kafein pada 12 cangkir kopi.



5. Pil pereda nyeri

Sedikit kafein dapat mengurangi sakit kepala, tapi kafein dalam jumlah besar akan berbahaya. Pil pereda nyeri menggunakan kafein dalam jumlah besar untuk meringankan rasa sakit.



Untuk menggunakan pil ini, sebaiknya baca kandungan dan instruksi pada kemasan obatnya terlebih dahulu. Dua tablet Excedrin, pil pereda nyeri migrain memiliki 130 miligram kafein sama dengan secangkir kopi.



6. Minuman penambah energi

Beberapa minuman penambah energi dalam kemasan mengandung kafein sama banyaknya secangkir kopi.



7. Penyegar nafas

Dua potong permen penyegar nafas mengandung kafein yang sama dengan secangkir kopi.



8. Kuaci

Kuaci dari biji bunga matahari mengandung folat, vitamin B6, dan vitamin E. Tapi satu porsi kuaci mengandung 140 miligram kafein, kurang lebih sama dengan empat kaleng minuman bersoda.



sumber: http://dosenlintas.blogspot.com/2013/05/8-jenis-sumber-kafein-selain-dari-kopi.html