Halaman

Pengertian Intensitas Komunikasi Menonton

Pengertian Intensitas Komunikasi
Intensitas komunikasi ialah proses komunikasi yang teijalin dengan melihat kuantitas pada kurun waktu tertentu. Intensitas komuniksi yang efektif lebih menekankan pada kuantitas. Efisiensi waktu dalam menjalin tercipatanya intensitas komunikasi menjadi hal yang penting manakala lingkungan mempunyai sentiment negatif terhadap hal yang dianggap baru.
Menurut Pareek (dalam Dharmawan, 1993), umpan balik yang teijadi dalam menciptakan intensitas komunikasi paling sedikit melibatkan dua orang, satu yang memberikan umpan balik dan yang lain menerimanya. Tujuan utama teijadinya proses intensitas komuniksi yaitu membantu seseorang meningkatkan efektivitas pribadi danefektivitas antar pribadinya. Intensitas komunikasi sangat penting dalam menumbuhkan budaya keterbukaan dan menanamkan rasa saling percaya antara pribadi yang satu dengan lainnya.
Intensitas komunikasi berlangsung antara sekurang-kurangnya dua pihak yang berinteraksi. Dua pihak yang intens berkomunikasi di sekitar kampus adalah antara masyarakat dengan mahasiswa. Dengan demikian yang di maksud dengan intensitas komunikasi antara masyarakat dengan mahasiswa adalah frekuensi usaha yang dilakukan penduduk dalam berkomunikasi dengan mahasiswa baik dalam bentuk penyampaian informasi, sinyal, atau pesan individu kepada individu yang lain dengan konsekuensi umpan balik yang diterima secara langsung sehingga teijadi hubungan timbal balik atau komunikasi dua arah antara kedua individu tersebut.

Pengertian Menonton
Menonton berarti aktivitas melihat sesuatu dengan tingkat perhatian tertentu (Sudarwan Danim, 1995:20). Menonton televisi yaitu aktivitas melihat siaran televisi sebagai media audio visual dengan tingkat perhatian tertentu.

Pengertian Televisi
Televisi adalah alat elektronik yang berfungsi menyebarkan gambar dan diikuti oleh suara tertentu. Pada dasarnya sama dengan gambar hidup bersuara (Sudarwan Danim, 1995:20). Milton Chen (1996:6) mengatakan bahwa menonton televisi adalah kegiatan khusus; yakni menyaksikan program-program yang ditayangkan televisi. Tayangan televisi dalam hal ini adalah acara-acara yang ditayangkan oleh stasiun-stasiun televisi di Indonesia, antara lain TVRI, TPI, ANTV, RCTI, SCTV, Indosiar, Trans, TV7.

Pengertian Intensitas Menonton Televisi
Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa intentsitas menonton televisi artinya tingkat seringnya melihat siaran yang ditayangkan dalam televisi dengan tingkat perhatian tertentu.