Halaman

Kisah Gempa Besar Aceh 11 April 2012

Kebetulan saat hari itu ane lagi brada di Aceh..(lah..memang orang Aceh kok, rumah di Aceh, Kuliah di Aceh, ngorok pun di Aceh). Pas lagi asik-asiknya membuat program nge-hack nuklir Amerika, ane udah senang banget tuh luncurin nuklir Amerika mau ngebom Israel, pasti ancur tuh negara.. nah, rupanya ane beberapa detik kemudian, rumah, tanah dan pohon sekitar ane bergoyang dan bergetar dengan bunyi gemuruh gitu. Memang ane sempat heran kok efek nuklirnya bisa nyampe ke kampung ane dipelosok sini. emang Israel tu tetangga kampung gua apa. lah ternyata ane kebawa khayalan sampe malas keluar kamar.

Berlanjut ke Versi lebih serius...
Pada awalnya gempanya gak terlalu berat, menurut feeling ane mungkin sekitar 5 SR, trus dalam prediksi ane gak bakalan lama, yaa jadinya tetap bertahan dalam kamar sebelum akhirnya ane lari kebirit keluar kamar sambil menyelamatkan pulpen macet yang kebetulan memang ada digenggaman ane. wah.. Masya Allah ketika udah diluar rupanya gempanya semakin dahsyat, kira-kira kalo feeling ane beda tipis ama kekuatan gempa pas tsunami 2004, gak nanggung-nanggung, gempanya gak berhenti dalam beberapa detik, tapi kelamaan gan. bermenit-menit. ane pun panik tingkat dewa, untungnya pas kejadian itu ane bersama emak n adik ane yang masih TK dan melarikan diri menggunakan motor. 

Adapun hal yang kami lakukan sebelum melarikan diri yaitu:
  • Ane masuk kekamar ambil laptop masukin kedalam tas #DompetTinggal, #Harta Warisan??
  • ganti celana, awalnya celana dalam puntung, karena gak baik nampak aurat dan kurang rapi, takutnya jumpa cewek Shalihah cakep yang siapa tau jodoh bencana jadinya ane pakek celana kuliah. 
  • Emak ane ngambil jilbab ama tas yang berisi berkas rahasia yang disimpan di***!@#$ #Disensor. 
  • keluar dengan sangat tenang panik tidak lupa mengunci motor biar gak dimaling pintu rumah biar gak dimaling. 
Salah-satu hal gila yang kami lakukan yaitu, karena gempanya kelamaan, ane ama emak masuk kerumah saat gempanya 8 SR. Keren kan?? sedangkan adik ane, ditinggalin aja dulu diluar..pasti adek ane yang masih TK berpikir Masuk Rumah ketika gempa hanya untuk 18++. Lohh!!

Alhamdulillah akhirnya mungkin kami menjadi salah satu orang tercepat melarikan diri keren, karena sempat ganti celana, ambil tas, bawa laptop, dan kunci rumah. kereen!!

Selagi bergerak menyusuri jalanan dengan pemandangan indah, tiba-tiba suasana berubah menjadi tak karuan,  setelah melaju lancar lebih kurang 1 Km, motor ane dipaksa berjalan secepat jalan kaki karena padatnya jalan. Banda Aceh yang dulunya kosong, jalanan lancar, disulap menjadi Jakarta, hanya dalam beberapa menit, untung ane udah lumayan jauh. Sekarang tinggal mikirin tujuan, yang awalnya mau ke bandara di daerah Blang Bintang, akhirnya enggak jadi setelah melihat jalanan seperti di Jakarta, ane pun mengungsi di Masjid di Daerah Tungkob, sebuah tempat yang diyakini sebagai tempat yang sangat aman dan strategis. Ya Disitulah tempat kami bertahan hingga Isya pun tiba, ayah dan abang ane memberanikan diri pulang dan tidur kembali dirumah yang saat tahun 2004 airnya setinggi atap teras. Whoaa, sedangkan ane ama emak n adik ane diajak mengungsi sementara kerumah Pakcik  ane yang jauh ke pelosok desa, tapi aman...

Saat itu ane nyaris lupa harus mengambil foto yang paling gak kalo ada tsunami direkam aja, trus dijual ke orang bulek lumayan dapat duit deh. nah sayangnya karena ane yang bawa motor, ane gak bisa foto-foto suasananya, malah orang lain yang foto-foto ane bak artis ibukota, tetapi ane sempat foto dari atas Masjid tempat ane mengungsi, tapi karena terhalang pohon, lagi pula Masjidnya agak masuk ke dalam, mohon maaf saya tidak dapat mengambil gambar yang bagus!!
Http://asalasah.blogspot.com

Http://asalasah.blogspot.com
Http://asalasah.blogspot.com
Http://asalasah.blogspot.com
Warga panik mendengar isu air laut naik, dan sirine berbunyi
Http://asalasah.blogspot.com
Http://asalasah.blogspot.com
Oadahal Masjid tidak terlalu penuh, namun banyak warga yang lari lebih jauh
Ada sebuah hal luar biasa yang dikehendaki Allah pada tanggal 11-April-2012
Seharusnya pada hari rabu Pukul 14:00-15:40 dan pukul 16:30- 18:00, ane ada jadwal kuliah, tapi entah kenapa pas jam 14:00 ane ke kampus, katanya kuliah hari ini dibatalkan, ane sendiri heran bercampur senang ya pasrah aja pulang lagi ke rumah, sesampainya dirumah giliran abah/ayah/bokap/ dan abang ane yang berangkat, masing-masing menggunakan motornya, (ceritanya ane Keluarga punya 3 motor) jadi kan otomatis tinggal 1 motor lagi. Nah.. Disini yang saya maksud Anugrah dari Allah. Jika saja saat itu saya masuk kuliah. pulangnya pukul 18:00, apa yang bakalan terjadi ama emak dan adik ane dirumah tanpa kendaraan sisa? haruskah mereka berlari sejauh 2 Km untuk menuju tempat aman? 

Sungguh Allah Maha Besar, rencana Allah sungguh indah, saya hanya mahasiswa..