Halaman

Kondisi kaki menunjukkan kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan bisa dilihat dari berbagai aspek. Berdasarkan laman WebMD, Senin (30/1), ada beberapa kondisi kaki yang menceritakan kondisi kesehatan Anda:

1. Kaki dingin
Jika jari-jari kaki selalu dingin sepanjang hari, satu alasan bisa muncul karena aliran darah yang buruk – masalah peredaran darah kadang-kadang dihubungkan dengan merokok, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung. Kerusakan saraf diabetes yang tidak terkontrol juga dapat membuat Anda merasa bahwa kaki Anda dingin. Penyebab lain seperti hipotiroidisme dan anemia.


Apa “Kata” Kaki soal Kesehatan Anda?
2. Kaki sakit

Ketika kaki Anda sakit setelah hari yang panjang, Anda mungkin hanya menyalahkan sepatu Anda. Setelah semua, delapan dari 10 wanita mengatakan sepatu mereka menyakitkan. Tapi rasa sakit itu bukan karena high heels, mungkin berasal dari fraktur yang stres, celah kecil di tulang. Salah satu kemungkinan penyebabnya: olahraga yang terlalu intens, terutama olahraga yang berdampak tinggi seperti basket dan jalan jauh. Tulang-tulang melemah dari osteoporosis meningkatkan risiko Anda.

3. Jari-jari berwarna merah, putih, dan biru
Penyakit Raynaud dapat menyebabkan jari-jari kaki Anda menjadi putih, kemudian kebiruan, dan kemudian memerah lagi dan kembali ke warna alami mereka. Penyebabnya adalah penyempitan pembuluh darah tiba-tiba, yang disebut vasospasms. Stres atau perubahan suhu dapat memicu vasospasms, yang biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Raynaud mungkin juga terkait dengan rheumatoid arthritis, penyakit Sjogren, atau masalah tiroid.

4. Nyeri Tumit
Penyebab paling umum dari nyeri tumit adalah peradangan fasciitis, radang pada ligamentum panjang yang menempel pada tulang tumit. Rasa sakit mungkin paling tajam saat pertama kali bangun dan memberi tekanan pada kaki. Arthritis, olahraga yang berlebihan, dan sepatu yang kurang pas juga dapat menyebabkan sakit tumit, seperti tendonitis. Penyebab kurang umum termasuk tulang yang menggertak pada bagian bawah tumit, infeksi tulang, tumor, atau fraktur.

5. Menyeret kaki Anda
Kadang-kadang tanda pertama suatu masalah adalah perubahan dalam cara berjalan seperti gaya berjalan yang lebih luas atau menyeret kaki. Penyebabnya mungkin lambat laun hilangnya sensasi normal di kaki Anda, yang dibawa oleh kerusakan saraf perifer. Sekitar 30% dari kasus-kasus ini dikaitkan dengan diabetes. Kerusakan saraf juga bisa karena infeksi, kekurangan vitamin, dan alkoholisme. Dalam banyak kasus, tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan kerusakan saraf.

6. Kaki bengkak
Ini biasanya merupakan gangguan sementara yang disebabkan berdiri terlalu lama atau penerbangan panjang – terutama jika Anda sedang hamil. Sebaliknya, kaki yang bengkak lama dapat menjadi tanda kondisi medis yang serius. Penyebabnya mungkin sirkulasi yang buruk, masalah dengan sistem limfatik, atau gumpalan darah. Sebuah gangguan ginjal atau tiroid kurang aktif juga dapat menyebabkan pembengkakan. Jika Anda mengalami pembengkakan terus-menerus dari kaki Anda, pergilah dokter.

Kaki soal Kesehatan Anda
7. Nyeri di jempol kaki

Bengkak merupakan penyebab rasa sakit tiba-tiba di sendi jempol kaki, berbarengan dengan kemerahan dan bengkak. Osteoarthritis adalah biang kerok lain yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan. Jika sendi kaku, mungkin hallux rigidus, komplikasi radang sendi. Gangguan di kaki ini umumnya diderita atlet, khususnya mereka yang bermain di permukaan keras. Ini disebabkan oleh cedera pada ligamen di sekitar sendi.

8. Sensasi terbakar
Sebuah sensasi terbakar pada kaki umum dirasakan penderita diabetes dengan kerusakan saraf perifer. Hal ini juga dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B, kaki atlet, penyakit ginjal kronis, sirkulasi yang buruk di kaki(penyakit arteri perifer), atau hipotiroidisme.

9. Kaki kejang
Rasa sakit tiba-tiba yang tajam di kaki adalah ciri khas kejang otot atau kram, yang dapat berlangsung beberapa menit. Kerja terlalu keras dan otot kelelahan adalah penyebab umum. Penyebab lainnya adalah sirkulasi yang buruk, dehidrasi, atau ketidakseimbangan dalam kalium, magnesium, kalsium, atau tingkat vitamin D dalam tubuh. Perubahan tingkat hormon saat kehamilan atau gangguan tiroid mungkin memainkan peran. Jika kejang sering terjadi, pergilah dokter. Latihan penguatan bisa membantu dengan otot yang kelelahan.

10. Noda gelap di kaki
Kita tidak mungkin memeriksa kaki kita di tempat yang tidak biasa. Namun, melanoma, bentuk paling berbahaya dari kanker kulit, dapat berkembang bahkan di daerah yang tidak terkena matahari secara teratur. Melanoma bahkan dapat muncul di bawah kuku, yang mungkin terlihat seperti sebuah titik hitam.(MEL)

Sumber: http://kesehatan.liputan6.com/read/374738/apa-kata-kaki-soal-kesehatan-anda

~Selesai~