Halaman

Jaga Porsi Makan Cegah Obesitas

Makan pada malam hari hanya akan menyebabkan anda menjadi gemuk sebab pada malam hari anda hanya akan melakukan aktivitas tidur yang membutuhkan energy sedikit, tentunya jika anda makan terlalu banyak makan pada malam hari dapat menyebabkan terjadinya kegemukan. Saya tidak melarang anda makan malam, namun kita akan mengubah porsi karbohidrat, lemak, protein dan sayuran. Pada malam hari anda lebih diutamakan meningkatkan porsi sayuran dan lauk pauknya di tambah dengan buah – buahan selain pisang. Kenapa tidak boleh pisang pada malam hari? Karena pisang tinggi kalori, dianjurkan pada malam adalah buah apel dan buah – buahan lainnya yang rendah kalori. Pada malam hari tubuh anda tidak membutuhkan energy sehingga sehingga jika anda makan pada malam hari tentunya makanan yang anda makan akan di ubah menjadi lemak.

Berikut tips cegah obesitas dengan mengatur porsi makan malam anda:
  1. Utamakan malam hari dengan makan sayur – sayuran hijau dan buah – buahan, bisa ditambah dengan apel dan susu kedelai untuk memenuhi kebutuhan gizi anda. Anda dapat menambahkan sedikit nasi dan perbanyak pada lauk pauk seperti ikan, tempe tahu. Pada malam hari anda hanya membutuhkan kalori yang sedikit karena anda akan tidur, jadi nasi dapat anda tambahkan dalam jumlah yang sedikit.
  2. Minum satu atau dua gelas air sebelum tidur untuk memenuhi kebutuhan cairan selama anda tidur
  3. Hentikan kebiasaan mengemil sambil menonton atau belajar. Jika anda mengemil sambil nonton atau belajar dapat menyebabkan anda sulit mengendalikan nafsu makan anda, yang tentunya cemilan sangat tinggi kalorinya sehingga anda mudah menjadi gemuk
  4. Hapus kebiasaan makan malam di luar karena hal ini hanya akan menyebabkan anda menambah lemak, jika anda terpaksa makan di luar hindari, fast food, lemak, santan dan makanan berkaldu yang memiliki kadar kalori dan lemak yang tinggi.
  5. Jika anda memiliki kebiasaan makan di restoran padang maka, hindarilah menambah kuahnya ke dalam piring anda karena kuahnya mengandung tinggi santan dan lemak yang dapat menambah kegemukan, namun anda dapat menambahkan daun singkong atau lauk pauk yang tersedia
  6. Makan makanan ringan sebelum tidur. Beberapa contoh adalah brokoli mentah, kembang kol, wortel, paprika merah sebagai camilan. Pastikan Anda menambahkan sedikit protein berupa susu kedelai.

Demikianlah tips saya, tentang cegah obesitas dengan mengatur porsi makan malam anda, semoga bermanfaat bagi anda

sumber : dokterasrul.com
~Selesai~