Halaman

Tubuh Langsing Sehat di 2012


Menjadi ramping adalah salah satu resolusi Anda di 2012? Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan asupan nutrisi yang tepat. Bukan dengan hanya mengonsumsi makanan organik atau produk rendah kalori, tapi perencanaan yang bisa (dan harus) Anda lakukan secara rutin dan berkala.
Dr. Simran Saini, konsultan program penurunan berat badan di Fortis Hospital, salah satu rumah sakit terbaik di India memberikan enam tips untuk langsing cara sehat, seperti dilansir Times of India.
Langkah 1: Buat Food Diary
Tuliskan semua yang Anda makan dan minum, juga aktivitas rutin selama tiga hari. Di hari keempat, cek lagi tulisan di diary tersebut dan Anda bisa melihat bagaimana pola makan dan frekuensi aktivitas fisik selama tiga hari itu. Food diary berfungsi sebagai pencegah, membantu Anda mengontrol kebiasaan makan, memberikan catatan mengenai kesehatan, membantu mengurangi keinginan konsumsi makanan tidak sehat dan akhirnya membantu Anda tetap menjaga porsi makanan pada setiap jam makan.

Langkah 2: Kurangi Makanan Olahan
Pastikan sedikitnya 1/3 makanan yang Anda konsumsi bukan produk olahan pabrik. Untuk meningkatkan asupan nutrisi, salah satu yang paling penting adalah mengonsumsi makanan segar dalam diet harian Anda. Makanan segar seperti ikan, daging dan sayur akan membantu Anda menentukan sendiri penggunaan bumbu agar tidak berlebihan, misalnya garam dan gula. Anda bisa memasaknya dengan cara direbus, tumis atau panggang.

Langkah 3: Makan Sayur dan Buah Segar
Konsumsilah sayuran dan buah-buahan segar yang berkualitas baik. Sayur dan buah segar tinggi akan vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan tingkat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, dalam keadaan segar, sayur dan buah sangat kaya akan antioksidan yang bisa melawan zat-zat kimia dan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Langkah 4: Batasi Asupan Garam dan Gula
Batasi konsumsi garam dalam diet Anda, agar sistem peredaran darah selalu bekerja dengan baik. Begitu juga dengan gula, mengurangi asupannya akan membantu menjaga lingkar pinggang Anda tetap ramping dan pemasukan kalori dalam tubuh terkontrol. Sebagai penyedap masakan, Anda bisa menggantinya dengan bumbu herbal atau rempah-rempah yang tentunya lebih sehat daripada garam yang terlalu banyak.

Langkah 5: Kurangi Pemanis Buatan
Usahakan mengonsumsi pemanis buatan seminimal mungkin. Disiplinkan diri Anda untuk mengonsumsi hanya satu sendok teh gula setiap hari. Segala sesuatu yang sudah melewati proses pengolahan, termasuk gula pasir, harus dikonsumsi dalam jumlah yang rendah.

Langkah 6: Jangan Tunggu Sampai Kelaparan
Hindari melewatkan jam makan Anda, atau makan terlalu sedikit secara tiba-tiba untuk mencapai target diet yang tidak realistis. Sangat penting untuk menyusun rencana dan target yang praktis. Jika memang harus mengganti pola diet, ubahlah secara perlahan agar tubuh Anda bisa beradaptasi. Tidak makan di jam yang seharusnya akan menyebabkan hypoglycemia (gula darah rendah) dan membuat Anda cepat marah. 

(Sumber: wolipop.com)