Halaman

Kehebatan Dari Vitamin D


Koneksi antara tingkat vitamin D dan risiko kanker payudara telah diketahui untuk waktu yang lama, tapi relevansi secara klinis belum terbukti. Sascha Abbas dan rekan dari kelompok kerja yang dipimpin oleh Dr Jenny Chang-Claude di Pusat Penelitian Kanker Jerman (Deutsches Krebsforschungszentrum, DKFZ), berkolaborasi dengan peneliti dari University Hospitals di Hamburg-Eppendorf, telah memperoleh hasil yang jelas. Untuk tujuan ini, mereka meneliti 25-hydroxyvitamin D (25 (OH) D) sebagai penanda untuk kedua vitamin D endogen dan vitamin D dari asupan makanan.

Selain itu, para peneliti berfokus pada reseptor vitamin D. Gen reseptor ini ditemukan dalam beberapa varian yang dikenal sebagai polimorfisme. Tim peneliti dari Rumah Sakit DKFZ dan Eppendorf meneliti efek dari empat dari polimorfisme terhadap risiko terkena kanker payudara. Mereka menemukan bahwa pembawa polimorfisme Taql memiliki risiko sedikit peningkatan growth payudara yang membawa reseptor untuk hormon seks wanita estrogen pada permukaannya. Tidak ada efek pada risiko kanker payudara secara keseluruhan ditemukan. Sebuah penjelasan yang ditawarkan adalah bahwa vitamin D dapat mengerahkan kanker dan mencegah efek dengan menangkal pertumbuhan efek estrogen.

Selain mencegah kanker pengaruh dengan efek pada pertumbuhan sel, diferensiasi sel dan kematian sel terprogram (apoptosis), vitamin D dapat mengatur hal-hal tersebut, termasuk metabolisme kalsium dalam tubuh kita. Makanan yang sangat kaya vitamin D antara lain seafish (minyak ikan cod), telur dan produk susu. Namun, porsi terbesar vitamin D diproduksi oleh tubuh kita sendiri dengan bantuan sinar matahari.

Sumber: http://wahw33d.blogspot.com/2012/04/inilah-kehebatan-dari-vitamin-d.html