Halaman

Kurangi Porsi Makan Dengan Meminum Susu

Siapa bilang Anda harus menghindari konsumsi susu demi dapatkan berat badan ideal? Nyatanya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa susu justru bisa bantu kurangi porsi makan siang, sehingga Anda bisa mengontrol asupan kalori dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Australia menyatakan bahwa meminum susu bebas lemak setiap pagi akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama dibandingkan meminum jus buah. Demikian seperti yang dikutip dari Times of India.
Penelitian tersebut melibatkan dua grup yang terdiri dari 34 pria dan wanita. Satu kelompok diberikan susu bebas lemak dan kelompok lainnya diberikan jus buah yang memiliki nilai kalori setara yaitu 250 kalori, pada saat sarapan. Diantara selang waktu sarapan dan makan siang, rasa lapar mereka diuji apakah mereka masih merasa kenyang atau sudah mulai lapar. Mereka juga dibebaskan untuk makan ketika sudah terasa lapar.

Hasilnya, ada grup yang dinyatakan sehat dan overweight. Grup yang sehat dapat menekan rasa lapar mereka dengan meminum susu tiap paginya karena mereka masih merasa kenyang dan membutuhkan kalori lebih sedikit (sekitar 50 persen) saat makan siang. Studi ini menyimpulkan bahwa kandungan protein dan laktosa yang terdapat dalam susu dapat mempengaruhi rasa kenyang pada tubuh.

Faktor penting yang mempengaruhi tingkat keberhasilan diet kita adalah dengan memilih makanan dan minuman yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Jadi, jangan ragu untuk selalu minum susu di pagi hari karena susu tidak membuat kita menjadi gemuk.

Sumber: http://javascrub.blogspot.com/2011/04/minum-susu-bantu-kurangi-porsi-makan.html
~Selesai~