Halaman

Beberapa Manfaat Olahraga, Ayo Hidup Sehat


Anda malas olahraga? hmm sebaiknya anda baca artikel ini supaya kembali semangat berolahraga, karena untuk mencintai suatu pekerjaan ketahuilah manfaatnya. Manfaat olahraga yang baik untuk tubuh dapat kita peroleh dengan melakukan olah raga secara rutin setiap hari. Berolahraga tidak harus lama, waktu 20 menit sudah cukup untuk kita. Dan juga, olahraga tidak harus banjir keringat. Karena olahraga menyehatkan, jadi olahraga juga sangat dianjurkan oleh agama. Lihatlah hadist berikut: 


"Sesungguhnya pada tubuhmu ada hak yang harus engkau penuhi."
(HR Bukhari, Ahmad, Nasai)

"Dan perhatikanlah hal-hal yang bermanfaat bagimu." (HR Muslim, Ibnu Majah, dan Ahmad)

"Mukmin yang kuat lebih baik dari mukmin yang lemah." (HR Muslim, Ibnu Majah, dan Ahmad)

"Dan pergunakanlah masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu." (HR Bukhari)


Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

  • Olahraga untuk mengurangi stress. Stress dapat kita alami kapan saja dan dimana saja. Dengan ber olahraga, kita dapat merenggangkan otot-otot yang tegang saat beraktifitas. Kalu tidak percaya rasakanlah ketika anda duduk didepan komputer selama berjam-jam, lalu bandingkan ketika anda berolah raga seperti renang, badminton, main bola, tentu terasa perbedaannya.
  • Olahraga untuk membakar lemak. Nah, ini sudah tentu. Bahkan memang merupakan tujuan sebagian besar orang untuk berolahraga. Olahraga yang dilakukan secara rutin terbukti ampuh untuk membakar lemak dan melangsingkan tubuh. 
  • Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hormon adrenalin atau serotonin adalah hormon yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit seperti batuk dan flu. Dengan ber olahraga, hormon-hormon tersebut dapat berfungsi secara efektif. Sehingga daya tahan tubuh kita juga akan meningkat.
  • sirkulasi darah dan pernafasan
  • mencegah kerapuhan tulang (terutama karena bertambahnya usia), 
  • menjaga berat badan ideal, asal jangan olahraga terus enggak makan, yaa jadinya makin hancur
  • Olahraga untuk menunda proses penuaan. Manfaat olahraga selanjutnya adalah untuk mencegah perubahan pada tubuh yang terjadi seiring bertambahnya usia seperti kulit kendor, keriput, dll. Kegiatan olahraga secara rutin dapat membantu pembentukan sel-sel baru dan mencegah kerutan yang menyebabkan kulit menjadi keriput/kendor.
  • Olahraga jenis tertentu juga dapat memberi fungsi yang spesifik, seperti renang dan basket untuk meninggikan badan.
Selain itu ada juga olahraga yang dianjurkan oleh agama, dengan niat menjalankan sunnah Nabi, Insya Allah kita juga mendapatkan pahala, udah badan enak sehat, dapat pahala, plus menyenangkan. Subhanallah. olahraga tersebut yang dianjurkan agama adalah :
Berkuda
Berenang
Memanah

Bergulat